Kenali Bedanya Mangga Alpukat Yang Asli

 

Ingin tau bedanya mangga alpukat yang asli dengan yang bukan. Simak penjelasannya di artikel berikut!

Beberapa tahun yang lalu kehadiran buah mangga alpukat sempat viral di media sosial karena cara menyantapnya  yang cukup unik.

Dari sisi rasa, buah satu ini juga memiliki cita rasa tersendiri sehingga banyak yang ingin mencobanya. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang sering terkecoh lantaran tidak bisa membedakan mangga alpukat dengan mangga jenis lainnya, terutama mangga harum manis tua pohon.

Apalagi dari segi harga, mangga alpukat lebih mahal dibandingkan yang biasa. Sehingga banyak oknum pedagang yang mencoba meraup keuntungan dengan menjual mangga seharga mangga alpukat.

Karena itu, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu di mana letak perbedaan antara mangga alpukat yang asli dengan yang bukan..

Mengenal Tentang Mangga Alpukat

Mangga alpukat adalah jenis mangga harum manis yang dipanen langsung ketika sudah matang di pohon secara sempurna.

Buah ini juga dikenal dengan nama mangga gadung dikarenakan warnanya yang hijau tua alias gadung dalam Bahasa Jawa Timur.

Selain rasanya yang manis, buah mangga alpukat juga mengandung zat vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Ketika sudah matang, mangga alpukat harus dipanen langsung dari pohon, bukan diperam (buah muda yang dipaksa untuk cepat matang).

Itulah kenapa mangga ini lebih mudah dibelah karena daging buah yang sudah lembut dan kulit luar yang lentur.

Baca juga : Manfaat Mangga Alpukat

 

 

 

Bedanya Mangga Alpukat Yang Asli

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara buah mangga  alpukat (matang pohon) dan harum manis tua pohon

 

1.Bentuk dan Tekstur

Mangga Alpukat memiliki ukuran buah yang relatif lebih besar dengan bentuk pangkal buah yang  lebih bulat.

Lihat apakah buah ini berwarna hijau tua. Kulitnya juga lebih tebal jika dibandingkan dengan mangga harum manis tua pohon  pada umumnya.

Tekstur mangga alpukat lebih keras serta tidak mengeluarkan aroma yang terlalu kuat. Buah ini juga sangat mudah dibelah dan diputar karena tidak banyak serat pada bijinya.

2.Kadar Pati dan Kadar Air

Mangga alpukat memiliki kadar pati yang lebih tinggi dibandingkan dengan harum manis tua pohon. Oleh karena itu, cita rasa yang ditawarkan juga berbeda.

Kandungan air dalam buah ini juga lebih rendah, yaitu 75 – 77 %, di mana umumnya mangga lain memiliki kandungan air sekitar 86 – 90%.

3.Cara Makan

Perbedaan antara mangga alpukat dan harum manis tua pohon adalah cara makannya. Anda tidak perlu mengupas mangga alpukat.

Cek apakah buah sudah matang dari warna kulit dan kelembutan daging buahnya. Jika sudah matang sempurna, belah mangga secara horizontal dan putar agar buah terlepas dari biji secara perlahan.

Selanjutnya Anda tinggal menggunakan sendok untuk menikmatinya seperti sedang makan buah alpukat.

4.Harga

Yang terakhir adalah dari segi harga, di mana buah mangga biasa memiliki rentang di sekitar Rp 15,000 – 25,000 per kilogram.

Sedangkan mangga alpukat, harga pasarannya adalah Rp 40,000 – 70,000 per kilogram. Karena itulah, sebaiknya Anda bisa menemukan perbedaan antara mangga alpukat dan biasa agar tidak tertipu.

 

Dimana Bisa Mendapatkan Mangga Alpukat dengan Kualitas Terjamin?

Makin tertarik untuk mencoba mangga alpukat? Dan apakah pernah membeli tapi ternyata tidak sesuai dengan kriteria? Cobain aja nin beli tanpa ribet di Jakfresh.com, supplier buah online yang siap mengantar pesanan langsung ke depan pintu rumah Anda.

Tidak perlu khawatir soal rasa, karena produk buah-buahan kami disortir berdasarkan tingkat kematangan,  ukuran fisik, dan kualitasnya.

Harga yang di tawarkan cukup bersahabat karena langsung bersumber dari petani langsung. Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *