7 Jenis Alpukat Terenak dan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

jenis alpukat di indonesia

Jenis alpukat yang paling enak di Indonesia ada sangat banyak. Dengan iklil tropisnya, Indonesia menjadi penghasil alpukat terlezat di dunia. Berikut ini adalah beberapa Alpukat yang ada di Indonesia.

Alpukat Mentega

Jenis alpukat ini adalah salah satu alpukat yang paling populer. Alpukat mentega dikenal karena dagingnya yang tebal, padat, kenyal dan tidak berair. Alpukat ini disebut mentega karena dagingnya berwarna kuning saat matang, dan sebersih mentega.

Alpukat Kendil

Dinamakan kendil alpukat karena bentuknya yang mirip dengan kendil, bagian bawahnya menggembung dan volumenya cukup besar. Alpukat jenis ini bisa tumbuh dengan berat satu hingga dua kilogram per buah.

Alpukat Aligator

Dilihat dari namanya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak apakah buah alpukat ini berukuran sangat besar. Alpukat aligator memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan jenis alpukat lainnya. Bentuknya cenderung lonjong, dengan bagian bawah yang lebih besar dan bagian atas yang lebih sempit. Bentuk alpukat aligator hampir mirip dengan buah pir.

Alpukat Miki

Dibandingkan dengan tiga alpukat pertama, alpukat mini berukuran lebih kecil. Meskipun begitu, kualitas alpukat miki tidak kalah dengan jenis alpukat lainnya. Alpukat jenis ini beratnya hanya sekitar 300 hingga 400 gram. Meski begitu, kualitas alpukat Miki tidak kalah dengan jenis alpukat lainnya.

Terkenal dengan rasanya yang manis dan asin. Selain itu, daging buah alpukat Miki tebal, berwarna kuning keputihan, lembut dan tidak berserat. Tekstur permukaan alpukat mini ini cukup keras, sehingga tidak rentan terhadap hama. Saat matang, warna kulit alpukat mini biasanya berubah menjadi hijau tua mengkilat.

Alpukat Wina

Alpukat Wina merupakan jenis alpukat yang banyak dikembangkan oleh petani lokal khususnya di Jawa Tengah. Alpukat ini berukuran sangat besar, dengan berat 1,3 hingga 2 kilogram. Banyak orang menyukai alpukat Wina karena dagingnya yang tebal, lembut dan berwarna kuning.

Rasa alpukat Wina juga sering manis dan asin. Alpukat ini cocok untuk dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai makanan.

Jika kamu merupakan pecinta alpukat, pasti akan puas mengonsumsi alpukat wina karena dagingnya tebal dan rasanya nikmat.

Alpukat Pluwang

Dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya, alpukat Pluwang memiliki keunikan dalam ukurannya yang besar. Alpukat ini bisa tumbuh hingga 2 kg beratnya. Alpukat pluwang memiliki daging yang sangat tebal. Teksturnya lembut dan legal saat disantap. Selain itu, buahnya tidak mudah dimakan serangga dan membusuk.

Dari segi rasa, alpukat pluwang lebih enak karena rasanya yang manis dan harum dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Gunakan pluwang alpukat sebagai campuran makanan sehat atau buat jus agar lebih segar dan kenyang.

Alpukat Hass

Jenis alpukat di Indonesia lain yang perlu Anda ketahui adalah alpukat Hass. Uniknya, alpukat Hass memiliki tekstur kulit yang bergerigi dan kasar. Saat alpukat Hass sudah matang, kulitnya akan berwarna coklat tua. Bentuk buah alpukat ini seringkali bulat dan besar.

Alpukat hass memiliki daging yang sangat tebal. Salah satu keunggulan alpukat Hass yang wajib Anda coba adalah rasanya yang manis, asin dan lezat.

Salah satu tempat membeli alpukat dengan grosir dan eceran terbaik di Bogor, Jakarta, dan Depok adalah di Jakfresh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *